Reality Intim

Tips Seputar Reality Keintiman

Alat Reproduksi Pria dan Wanita

Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak. Sistem reproduksi pada suatu organisme berbeda antara Pria dan Wanita.

Sistem Reproduksi Pria dan Wanita
Sistem Reproduksi Pria dan Wanita

Untuk terjadinya reproduksi, sel kelamin perempuan yang disebut sel telur harus dibuahi oleh sel pria yang disebut sperma. Sistem Reproduksi Pria dan Wanita sangat berbeda, tidak hanya sel-sel kelamin yang berbeda, namun organ yang memproduksi dan penyimpanannya juga berbeda. 

Sedikit uraian tentang sistem reproduksi Pria..!!
 ( Baca juga ) :

 Organ Seksual Pria

  • Testis 
Setelah pubertas, testis seorang pria yang terletak di pangkal penis, menghasilkan sel-sel kelamin jantan disebut sperma. setelah mulai pubertas testis memproduksi testosteron ( hormon seks laki-laki ). Testis terletak di bawah penis, di luar tubuh dimana suhu yang tepat membuat sperma dapat dipertahankan menjadi sperma yang subur ( bisa membuahi sel telur) dalam tubuh. Laki-laki dewasa menghasilkan jutaan sel sperma setiap hari.
  • Skrotum 
Testis ditutupi oleh kantong kulit yang disebut skrotum. Skrotum dan otot-otot sekitarnya dapat menarik testis ke arah tubuh ketika mereka terlalu dingin, dan keluar ketika suhu testis yang terlalu hangat. Skrotum juga memegang epididimis.
  • Epididimis dan vas deferens
Epididimis berfungsi untuk menyimpan sperma setelah testis menghasilkan sperma, dan vas deferens mengangkut sperma dari epididimis ke uretra.
  • Uretra
Uretra adalah saluran, atau tabung, yang mengangkut cairan dari dalam tubuh ke luar. Baik pada pria dan wanita, uretra terhubung ke kandung kemih dan digunakan untuk buang air keluar dari tubuh. Pada laki-laki, namun, uretra juga terhubung ke "kelenjar aksesori," yang menghasilkan air mani, dan vas deferens, saluran yang membawa sperma dari epididymus tersebut.
  • Penis
Penis mungkin adalah bagian yang paling terlihat dari anatomi seksual pria. Hal ini terdiri dari dua bagian, poros dan kepala (juga disebut kelenjar.) Poros rumah corpora cavernosa (dua silinder fleksibel terdiri dari jaringan ereksi yang menjalankan panjang penis dan dukungan ereksi), dan corpus spongiosum (jaringan ereksi sekitar uretra). Dalam kapasitas reproduksinya, pembukaan uretra di ujung penis memberikan sperma ke dalam vagina.
  • Kelenjar aksesori
Ada beberapa kelenjar yang bekerja sama untuk menghasilkan air mani, atau cairan mani. Sperma bisa hidup dalam sistem reproduksi wanita hingga 48 jam, dan cairan mani membantu sperma bergerak di sekitar dan tetap dipelihara. Vesikula seminalis menghasilkan cairan yang menyediakan energi untuk sperma saat mereka mencari sel kelamin perempuan, atau telur. Kelenjar prostat membuat cairan yang berbeda yang membantu sperma bergerak lebih cepat melalui sistem reproduksi wanita. Set kelenjar, yang disebut bulbourethral atau kelenjar Cowper, membuat sejumlah kecil cairan yang membantu melindungi sperma dalam perjalanannya melalui uretra dengan menetralisir setiap jejak sisa urin asam.
 
 Organ Seksual wanita: Organ internal 

Dalam sistem organ tubuh laki-laki dan perempuan banyak juga fungsinya  yang sama. Misalnya sistem peredaran darah dan sistem pencernaan. Perbedaan organ terbesar antara laki-laki dan perempuan yaitu dalam sistem reproduksi. Organ seksual wanita dan bagian komposit yang memungkinkan perempuan untuk bisa hamil dan melahirkan. 

Organ utama reproduksi perempuan yang terletak di dalam tubuh : 
  • Ovarium
Seorang wanita biasanya memiliki sepasang ovarium yang menyerupai almond dalam ukuran dan bentuk. Mereka adalah rumah bagi sel-sel kelamin perempuan, yang disebut telur, dan mereka juga memproduksi estrogen ( hormon seks wanita ). Ovarium perempuan telah berisi beberapa ratus ribu telur yang belum dikembangkan saat lahir, tetapi telur tidak bisa masuk ke dalam sampai pubertas. Kira-kira sebulan sekali, mulai dari pubertas dan berlangsung sampai menopause, ovarium melepaskan telur ke dalam tuba falopi; ini disebut ovulasi. Ketika tidak terjadi pembuahan, sel telur meninggalkan tubuh sebagai bagian dari siklus menstruasi.
  • Tuba falopi 
Ovarium terhubung ke rahim melalui saluran tuba. Pemupukan biasanya terjadi dalam tuba falopi. Kemudian telur yang telah dibuahi berjalan menuju ke rahim.
  • Rahim
Uterus terletak di panggul dari tubuh wanita dan terdiri dari jaringan otot polos. Biasanya disebut sebagai rahim. Setiap bulan, rahim mengembangkan lapisan yang kaya akan nutrisi. Tujuan reproduksi lapisan ini adalah untuk memberikan nutrisi bagi janin yang sedang berkembang. Karena telur tidak dapat dibuahi ketika hamil.
  • Serviks
Bagian bawah dari rahim, yang menghubung ke vagina dikenal sebagai leher rahim. Sering disebut leher atau pintu masuk ke rahim, leher rahim memungkinkan darah menstruasi keluar dan air mani ke dalam rahim. Serviks tetap tertutup selama kehamilan, tetapi dapat berkembang secara dramatis selama melahirkan .
  • Vagina
Vagina memiliki bagian internal dan eksternal dan menghubungkan uterus ke luar dari tubuh. Terdiri dari otot dan kulit, vagina adalah tabung hampa panjang yang kadang-kadang disebut "jalan lahir" karena, jika Anda sedang hamil, vagina adalah jalur bayi keluar ketika sudah siap untuk dilahirkan. Vagina juga memungkinkan darah menstruasi keluar meninggalkan tubuh wanita selama reproduksi.

( Baca juga ) :
Organ Seksual wanita: Bagian Eksternal 


Pintu masuk ke vagina dikelilingi oleh bagian eksternal yang umumnya berfungsi melindungi organ internal; daerah ini disebut vulva. Vulva terdiri dari: 

  • Labia majora - Diterjemahkan sebagai "bibir besar," flap ini melindungi kulit vagina dari partikel asing.
  • Labia minora - "bibir kecil" mengelilingi dan melindungi vagina dan terletak di dalam labia majora.
  • Klitoris - Klitoris adalah organ sensitif terletak di atas lubang vagina. Klitoris tidak langsung mempengaruhi reproduksi, tetapi merupakan bagian penting dari sistem seksual wanita; banyak wanita butuh stimulasi klitoris untuk orgasme.
  • Mons pubis - Gundukan lemak jaringan yang menutupi tulang kemaluan. Sering disebut "mons."
  • Perineum - Sebuah hamparan berbulu, kulit sensitif yang memanjang dari bagian bawah lubang vagina mengarah ke anus.
Itulah sekilas uraian tentang sistem reproduksi pria dan wanita, masih banyak lagi penjelasan mengenai hal tersebut yang lebih dari sekedar uraian diatas. Silahkan baca uraian tersebut pada artikel berikutnya...Terima Kasih
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Alat Reproduksi Pria dan Wanita"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top